What is Batik ?


Batik adalah produk budaya bangsa Indonesia yang terus berkembang dalam rangkaian sejarahnya. Batik mempunyai ragam hias yang bermacam-macam dan memiliki identitas masing-masing untuk setiap daerah di Indonesia. Batik merupakan produk budaya hasil cipta, rasa dan karsa manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia yang terus berkembang sesuai jaman.

Batik yang semula merupakan estetis simbolis sebagai busana dan sarana adat berkembang, sekarang menjadi kebutuhan aksesoris interior, bahkan menjadi komoditas perdagangan dalam rupa dan fungsi yang lebih luas.

Batik dalam lingkup kebudayaan Indonesia mengandung nilai sejarah, ekonomi, serta nilai-nilai simbolis yang sarat makna. Batik bukan hanya proses pembuatan, tetapi merupakan produk gagasan berwujud pada kain dan media lainnya yang memiliki makna.


Batik Indonesia telah memperoleh pengukuhan Internasional dari United Nation Educational, Social and Cultural Organization (UNESCO) sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity atau Mahakarya Pusaka Kemanusiaan Lisan dan Takbenda di Abu Dhabi pada tanggal 2 Oktober 2009.


Batik itu apa sih… ?

Batik adalah kerajinan tangan sebagai hasil pewarnaan secara perintangan menggunakan malam (lilin batik) panas sebagai perintang warna dengan alat utama pelekat lilin batik berupa canting tulis dan atau canting cap untuk membentuk motif tertentu yang memiliki makna.


Ada berapa macam jenis Batik.. ?

Secara umum, ada 3 macam jenis Batik dilihat dari proses dasar batik, yakni :

Batik tulis, batik yang dibuat dengan menggunakan alat utama canting tulis sebagai alat melekatkan malam.

Batik cap, batik yang dibuat dengan menggunakan alat utama canting cap sebagai alat melekatkan malam.

Batik kombinasi, gabungan antara batik tulis dan batik cap, yang dibuat dengan menggunakan alat utama canting cap dan canting tulis.


dikutip dan disunting dari berbagai sumber.


updated by @sanggatra
2 comments on “What is Batik ?
  1. hery says:

    terima kasih atas informasinya min..

  2. Link says:

    Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*