Batik Pasundan Siap Mengisi Kerja Sama Jawa Barat – South Australia

 

 

Batik Pasundan Siap Mengisi Kerja Sama Jawa Barat - South Australia

Bandung – Bertempat di galeri yang asri dan penuh nuansa batik Pasundan, pada  7 Oktober 2016,  Konsul Jenderal RI Yayan GH Mulyana beserta istri telah diterima oleh Dr. H. Komarudin Kudiya. Pak Komar, demikian panggilan akrab beliau, adalah pecinta, pengrajin, seniman dan pengajar batik. Beliau juga adalah seorang akademisi dengan Disertasi Doktor dari ITB mengenai revitalisasi Batik Kasepuhan Cirebon. Beliau juga adalah penggerak Batik Pasundan/Jawa Barat yang tergabung dalam Yayasan Batik Jawa Barat.

Di awal pertemuan, Pak Komar menjelaskan upayanya dalam melestarikan motif klasik Batik Pasundan melalui reproduksi sesuai teknik pembuatan Batik Tulis, seperti motif Bulu Hayam (Bulu Ayam) dari Garut, Ramat Lancah (Sarang Laba-laba) dari Tasikmalaya, dan Mega Mendung dari Cirebon.

Dalam tanggapannya, Konjen RI menyampaikan kekaguman serta apresiasi kepada Pak Komar atas prakarsanya dalam melestarikan motif-motif klasik Batik Jawa Barat serta dalam mengembangkan motif-motif kontemporer. Prakarsa ini sangat penting untuk  Indonesia dalam melestarikan Batik tidak hanya sebagai warisan budaya Tanah Air tetapi juga sebagai intangible cultural heritage untuk dunia. Konjen RI juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras Pak Komar dalam menyelenggarakan berbagai workshop batik serta mencetak pengrajin-pengrajin Batik baru, khususnya di kalangan generasi muda.

Selain itu, Konjen RI juga telah menyampaikan ketertarikan para perancang busana dan pengusaha tekstil Australia untuk bekerjasama dengan  mitra kerjanya di Indonesia. Konjen RI juga menyampaikan antusiasme dan sambutan hangat  masyarakat Australia, khususnya komunitas fesyen, atas beberapa kegiatan yang telah dituanrumahi KJRI Sydney dalam rangka promosi diplomasi ekonomi berbasis budaya Indonesia secara berkelanjutan, antara lain dengan penyelenggaraan pagelaran Indonesia Beautiful tanggal 8 Maret 2016.

Di samping itu, telah dibahas pula mengenai peluang kerjasama yang kiranya dapat terjalin dengan Galeri Batik Komar untuk mempromosikan Batik Pasundan di wilayah akreditasi KJRI Sydney (negara bagian NSW, SA dan QLD) pada waktu yang akan datang. (yyn-KJRI Sydney)

Dikutip dari : KEMENTERIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA

Update By : Ivansyah.r

Posted in Article, PRODUCT
One comment on “Batik Pasundan Siap Mengisi Kerja Sama Jawa Barat – South Australia
  1. Kami tertarik untuk berhabung dan ikut mendukung pemasaran batik khas sunda ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*